Cibulan Tujuh Sumur Dan Ikan Dewa Di Keramatkan

2 minutes, 30 seconds Read
tujuh sumur dan ikan dewa di cibulan
Tujuh Sumur Dan Ikan Dewa Di Keramatkan, yang berada di Kolam Renang Cibulan. Hingga kini masih melekat dan di percaya oleh masyarakat Kuningan Cirebon.
Di dalam objek wisata kolam renang Cibulan ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35×15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter.
Dan Kolam kedua berukuran 45×15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter. Kedua kolam ini selalu dikuras dan dibersihkan sekali dalam dua minggu, atau bisa lebih, hal itu bergantung dari kebersihan air.
Perlu anda ketahui untuk setiap kolamnya ini dihuni oleh puluhan ikan yang berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai kancra bodas atau ikan dewa (cyprinus carpico).
Ukurannya berbagai macam mulai dari yang panjangnya 20-an sentimeter hingga 1 meter. Ikan Dewa adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul karena dipercaya mempunyai keistimewaan tertentu.
Meski semua kolam itu dihuni puluhan ikan kancra bodas atau ikan dewa, kolam-kolam di Cibulan dibuka sebagai kolam pemandian umum.
Tempat rekreasi ini dilengkapi pula dengan fasilitas khas tempat pemandian, seperti tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang.

Tujuh Sumur Keramat

Selain kolam renang dengan ikan dewanya yang banyak dan jinak, di sudut barat pemandian ini juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur.
Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu:
  1. Sumur Kejayaan
  2. Kemulyaan
  3. Sumur Pengabulan
  4. Sumur Cirancana
  5. Cisadane
  6. Sumur Kemudahan, dan
  7. Sumur Keselamatan.
Dan di antara ketujuh sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana.
Konon katanya menurut cerita masyarakat setempat apabila ada orang yang sedang mujur dan dapat melihat wujud dari Kepiting Emas itu, maka segala keinginannya akan terkabul.

Petilasan Prabu Siliwangi

Tujuh mata air itu terletak mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi ketika ia beristirahat sekembalinya dari perang melawan Kasultanan Mataram.
Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng ( lambang kebesaran Raja Agung Pajajaran).
Tujuh sumur dan petilasan Prabu Siliwangi ini sering dikunjungi orang untuk berziarah, terutama pada malam Jumat Kliwon atau selama bulan Maulud dalam penanggalan Hijriah. Dan mereka percaya bahwa air di tempat itu akan membawa berkah dan dapat mengabulkan permohonan mereka.
Air di Cibulan selalu bersih, bening, sejuk, dan melimpah, meskipun pada musim kemarau panjang.  Itulah sebabnya, selain sebagai tempat rekreasi, Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan. Dan dimanfaatkan Pertamina untuk memasok kebutuhan air bersih di dua kompleks miliknya. Yaitu Padang Golf Ciperna di Kota Cirebon, dan Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon.
Kolam pemandian Cibulan juga menjadi sumber pendapatan bagi penduduk Desa Maniskidul dengan menjadi pedagang asongan atau membuka warung makan di sekitar tempat itu.
Saat ini terdaftar 20 warung permanen di luar kompleks kolam dan 14 pedagang asongan resmi yang diizinkan berjualan di dalam kompleks kolam.
Mereka kebanyakan menjual minuman ringan dan makanan kecil serta makanan ikan berupa kacang atom dan ikan wader.
Info Yang Lain  Curug Si Domba Wisata Air Terjun Kab. Kuningan

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *