Curug Si Domba Wisata Air Terjun Kab. Kuningan

2 minutes, 7 seconds Read
wisata air terjun sidomba kab kuningan
Curug Si Domba Wisata Air Terjun Kab. Kuningan. Sumber informasi menurut warga setempat bahwa, Curug Sidomba ini, ditemukan dengan tidak sengaja yaitu pada tahun 2002. Kala itu siswa-siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin ( ITUS ) Kuningan sedang mengadakan hiking. Dan mereka lalu menelusuri mengikuti alur sungai kecil itu di sekitar lereng Gunung Ciremai. Dan akhirnya menemukan curug atau air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter.

 

 Oleh Umar Sjarifudin, dari warga Desa Peusing, lalu Curug / air terjun itu dikembangkan menjadi kawasan wisata yang lebih dikenal Curug Sidomba.

Curug Si Domba

Sedangkan nama Sidomba sendiri, menurut cerita dari masyarakat, konon pada waktu silam tempat ini merupakan tempat untuk memandikan domba. Jenis hewan ternak langka yang dahulu sering digembalakan di tempat ini, keunikan dari domba ini adalah jumlah tanduknya yang lebih dari dua. Dan sekarang, di tempat ini sudah  tidak ada lagi hewan ternak langka tersebut. Melainkan telah berubah menjadi objek wisata yang cantik.selain itu, hutan di sekitar curug merupakan tempat penggembala domba.

 

Curug Si Domba Wisata Air Terjun Kab. Kuningan. Boleh jadi merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Kuningan yang banyak dikunjungi wisatawan akhir-akhir ini. Padahal tidak semua orang pengunjung mengetahui bahwa curug Sidomba ini pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja. Beberapa siswa yang sedang melakukan perjalanan menyusuri sungai di lereng Gunung Ciremai.
Air terjun curug Sidomba ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 3 meter saat ini. Anda akan terpikat dengan airnya yang cukup jernih, dingin, dan segar, bersumber dari mata air Gunung Ciremai. Serta berbagai jenis ikan yang hidup di dalam air ini seperti ikan mas dan ikan Kancra Bodas.
Dan konon ikan Kancra Bodas di sini tidak bisa ditangkap, terbukti ketika airnya dikuras ikan-ikan ini menghilang tidak diketemukan. Selain itu, terdapat peraturan yang sangat penting bagi pengunjung yaitu tidak diperbolehkannya memberi makan atau memancing ikan di area ini. Dan tidak juga diperbolehkan berkata kasar karena dipercaya akan ada akibatnya langsung.
Daya tarik dari kawasan ini adalah sebuah masjid megah dengan satu menara Asma’ul Husna, dan untuk menuju menara, Anda akan melalui tangga berjumlah 99 anak tangga, di mana Anda akan dapat menikmati bentangan keindahan alam di kaki Gunung Ciremai yang sebagian wilayahnya masih subur dengan pepohonan besar.
Dengan areal wisata yang cukup luas, ada banyak bagian yang bisa dikunjungi. Diantaranya curug SIDOMBA, area outbond anak, flying fox, kolam renang, berbagai koleksi hewan (domba, monyet, dan beberapa jenis burung).
Dan Keberadaan Curug Sidomba saat ini telah berbeda dimana sebelum Curug ini ditemukannya oleh siswa SMP ITUS pada tahun 2002 lalu. Sidomba sekarang sudah merupakan obyek wisata yang modern dan ramai di kunjungi oleh berbagai wisatawan luar dari Kota.

 

Info Yang Lain  Legenda Talaga Remis Kuningan

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *