Tahu Gejrot Cirebon, Sejarah Dan Manfaatnya

3 minutes, 53 seconds Read
Sejarah tahu gejrot dan manfaatnya jika mengkonsumsi
Kenapa bisa diberi nama tahu gejrot? Sebab bumbu cair yang digunakan sebagai penyedap dialirkan lewat botol dengan cara diguncangkan sehingga timbul bunyi gejrot berulang kali.
Jenis tahu yang digunakan adalah seperti tahu Sumedang tapi berbeda, sebab isinya jauh lebih sedikit sehingga terlihat kosong, dan cara makannya pun unik yaitu ditusuk dengan biting ( potongan lidi ).
Tahu Gejrot merupakan makanan khas kota udang, Cirebon, yaitu jenis makanan berupa tahu yang di potong kecil-kecil ditaruh di atas piring kecil terbuat dari tanah liat kemudian disajikan dengan bumbu gula merah, cabai serta bawang merah dan bawang putih yang diulek.
Para pedagang tahu gejrot ini biasanya menggunakan pikulan bagi penjual laki-laki untuk membawa barang dagangannya. Atau menggunakan tampah yang diusung di atas kepala bagi penjual wanita. Para pedagang tahu gejrot sangat mudah ditemui di sekitar kota Cirebon karena termasuk makanan ringan yang cukup populer. Di kota besar seperti Jakarta pun tahu gejrot tidak sulit untuk ditemukan.
Para pedagang tahu gejrot ini biasanya menggunakan pikulan bagi penjual laki-laki untuk membawa barang dagangannya. Atau menggunakan tampah yang diusung di atas kepala bagi penjual wanita. Para pedagang tahu gejrot sangat mudah ditemui di sekitar kota Cirebon karena termasuk makanan ringan yang cukup populer. Di kota besar seperti Jakarta pun tahu gejrot tidak sulit untuk ditemukan.

Tahu Gejrot, Sejarah Dan Manfaatnya

Berdasarkan sumber, ternyata perjalanan nama Tahu gejrot itu sudah ada sebelum Indonesia ini Merdeka 17 Agustus 1945, namun ketepatan tahun dan tanggal berdirinya makanan Tahu gejrot khas dari Daerah Cirebon ini belum dipastikan secara jelasnya, yang jelas sebelum kemerdekaan Indonesia, Tahu gejrot sudah ada di Cirebon.Hal ini pernah dinyatakan oleh seorang penjual tahu gejrot itu sendiri, namanya bapak Hotib kelahiran tahun 1941 penjual Tahu gejrot di kota Bandung, laki-laki asal Cirebon ini sudah lama berjualan Tahu Gejrot di kota Bandung dari tahun 1995 dan sebelumnya ia berjualan di daerahnya sendiri di Cirebon sejak ia masih muda.

Info Yang Lain  Pilihan Wisata Kuliner Jajanan Cirebon
 
Kandungan Nutrisi Tahu Gejrot

Kandungan protein dalam tahu sekitar 7,8 gram/100 gram dan kalsium 124 mg/100 gram, lalu dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C 27 mg, vitamin B1 0,04 mg, kalsium 40 mg, kalori 37 gr, protein 0,8 gr, zat besi 0,6 gr, hidrat arang 12,4 gr, air 86gr, lemak 0,1gr Kandungan Gizi Kecap manis Kedelai per 100 gram  antara lain Kalori (kal) 46.00, Protein (g) 5.70, Lemak (g) 1.30, Karbohidrat (g) 9.00, Kalsium (mg) 123.00, Fosfor (mg) 96.00, 7. Zat besi (mg) 5.70 , Air (g) 63.00 dan ditambah dengan kandungan nurisi bumbu lainnya yang cukup tinggi.
Sumber : Depkes, 1998

Khasiat / Manfaat menkonsumsi Tahu Gejrot

Tahu merupakan sumber protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan protein yang tinggi pada tahu, juga dapat dimanfaatkan untuk menjauhkansegala macam penyakit berbahaya.

Tahu dibuat dengan mengentalkan sari kedelai menggunakan garam mineral (biasanya kalsium sulfat). Sari kedelai inilah yang membuat tahu kaya dengan manfaat kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat tahu :

Mencegah penyakit jantung

Sejumlah studi dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa asupan rutin protein kedelai yang terkandung dalam tahu dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol buruk) tanpa menurunkan HDL (kolesterol baik), yang menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan produksi energi

Tahu merupakan sumber makanan yang kaya zat besi, yang menyediakan 30 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Zat besi dalam tahu terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang membantu dalam ransportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh mempromosikan produksi energi.

Tahu juga menyediakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk tembaga, mineral penting yang dimanfaatkan dalam sel darah merah. Tembaga juga membantu dalam mengurangi gejala rheumatoid arthritis. Makanan yang berasal dari kedelai, seperti tahu mengandung isoflavon (fitoestrogen atau estrogen tanaman) yang bekerja pada tubuh seperti bentuk estrogen.

Info Yang Lain  Sejarah Docang Dahulu Di Sukai Oleh Para Wali

Bermanfaat untuk wanita, khususnya wanita menopause

Selama menopause, estrogen wanita berfluktuasi, baik naik atau turun di bawah tingkat normal. Nah, fitoestrogen dari kedelai dapat membantu menjaga keseimbangan hormon tersebut. Hal ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan beratnya gejala hot flashes (rasa panas pada perut) pada wanita menopause.

Mencegah osteoporosis

Tahu juga bisa menjadi sumber yang kaya kalsium tergantung pada koagulan yang digunakan dalam pembuatan (seperti kalsium sulfat yang digunakan oleh produsen tahu).

Hal ini membantu melindungi terhadap penyakit seperti kehilangan tulang, kelemahan tulang, rheumatoid arthritis dan osteoporosis. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa isoflavon dalam makanan kedelai dapat memperkuat densitas (kepadatan tulang). Ini bisa membuat tahu berguna dalam menangkal penyakit tulang pada wanita postmenopause.

Membantu menurunkan berat badan

Tinggi protein membuat  perut tidak cepat merasa lapar. Juga, sifat rendah kalori (sekitar 80 kalori dalam 100 gram) tidak menambahkan kalori ekstra untuk menu diet Anda.

6. Membantu pasien diabetes dengan masalah ginjalDiabetes dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, salah satunya gagal ginjal. Diabetes adalah penyebab utama kegagalan ginjal dengan tanda awal adanya sejumlah protein dalam urin. Sebuah penelitian dilakukan pada pria dengan diabetes tipe 2, yang semuanya didiagnosis dengan penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes, menemukan bahwa protein kedelai dapat menurunkan 10 persen protein yang ditemukan dalam air seni.

Artikel : nutrisi untuk bangsa

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *